Tips Kesehatan dari buku “Food Combining, Detox Revolution” :

1. Porsi Buah & Sayur 60% sehari : Perbanyak Makan Buah dan Sayur (atau makan Makanan Organic Instant kalau gak ketemu buah/ sayur, Vitamin C, A, E, B suplemen juga baik untuk dikonsumsi)

2. Karbo & Protein Cukup 40% saja : Kurangi …- Karbohidrat (terutama dari Nasi, kabohidrat kompleks pada Jagung Kentang & umbi2an lebih baik), – Protein (Daging) dan – Minyak/ Santan.

3. Perhatikan lama waktu makanan dicerna. Buah selesai dicerna Buah 15-45 menitan. Sayur dicerna 2 jam-an. Karbohidrat dicerna 3 jam-an. Daging/ Lemak dicerna 8-10 jam. Berdasarkan sifat tersebut maka Buah sebaiknya lebih baik dimakan diawal. pencernaan makanan kira2 didasarkan pada urutan first in first out. Jika Nasi/ daging lebih dulu maka pencernaan buah akan terhambat. Dalam 15 menit buah akan diproses diusus 12 jari namun karena terhalang Nasi/ Daging maka buah mengalami fermentasi & pembusukan sehingga darah menjadi lebih asam.

4. Urutan makanan : Makanlah Daging2an hanya pada makan malam (alasan daging dicerna 8-10 jam sehingga harus dimakan pada akhir hari/ malam hari). Makanlah buah pada saat perut kosong yakni : pagi bangun tidur, jam 10-an dan jam 16-an (makan buah setelah makan adalah salah karena buah akan terfermentasi dipencernaan dan membusuk karena terhalang oleh makanan yang proses pencernaannya lebih lama seperti sayur nasi dan daging).

5. Kombinasikan makanan Asam dengan Basa. Makanan Asam PH 1-6 : Karbohidrat (nasi, jagung, umbi, roti), Protein (susu,daging, ikan, telur), Lemak (gorengan, gajih, minyak, mentega, keju).

Makanan Basa PH 7-14 : Buah dan Sayur.
Jadi sebaiknya makan nasi dengan sayur, bukan Nasi dengan Daging Ayam. Kombinasi makanan jenis Asam dengan Asam akan membuat tubuh menjadi lebih asam. Makanan yang bersifat Asam dapat merangsang keluarnya lendir dalam dinding usus. Lendir akan bersatu dengan sisa makanan dan mulai membuat suatu endapan dalam dinding usus disebut pengerakan usus, semakin lama semakin menebal dan mengeras. Saluran usus akan semakin mengecil sehingga menghalangi makanan untuk keluar masalah ini disebut kondisi Intestinal Toxemia (racun yg berasal dari saluran pencernaan). Transit time makanan menjadi semakin lama, 45 hingga 100jam, makanan menjadi busuk dan beracun dalam tubuh.

6. Contoh pola makan sehat :
Pagi : Buah, kentang/ jagung/ ubi, yoghurt, susu kedele. Jam 10 Buah. Siang Makan Nasi dan 2 porsi Sayuran (mentah lebih baik). Jam 16 Buah. Malam Jam 18 Makan Daging/ Ikan plus sayuran (tanpa nasi).

7. mau tau lebih lanjut SIKLUS ALAMI TUBUH kita..? :
• Pembuangan pada jam 04-12
• Pencernaan pada jam 12-20
• Penyerapan pada 20-04
Atas dasar siklus itu… ini tipsnya :
• Makan pagi hingga siang sebaiknya jangan makan berat karena lambung/ usus belum siap mencerna. Jadi, makan buah dan sayur yang mudah & cepat dicerna adalah sarapan yang ideal.
• Sebaiknya tidak makan lagi setelah jam 8 malam karena tubuh dalam proses penyerapan.

8. Bahan kimia tidak dapat diproses tubuh dan akan menjadi limbah. Hindari makanan yang mengandung bahan kimia pewarna pengawet (Mie Instan, Buah kaleng, Minuman ringan, snack… de el el). Perbanyaklah makanan murni sayur/ buah mentah yang belum di proses karena enzim makanan mentahlah yang dapat berkomunikasi dengan tubuh.

9. Hindari juga obat2an kimia (zat kimia berbahaya dalam jangka panjang), beralihlah ke herbal dan konsumsilah buah dan sayuran. Biarkan tubuh yang mengobati diri anda. Jika flu maka istirahatlah dan perbanyak makan buah. Gunakan Obat2an & tindakan dokter hanya dalam kondisi darurat.

10. Radiasi sinar (UV, Rontgen, MRI, Foto Torax, Foto Abdomen), Olah raga berlebihan, semua zat kimia, stress, rokok menyebabkan oksigen radikal bebas yang dapat merobek dinding pembuluh darah serta membunuh sel darah & sel lemak. Sel juga menjadi dapat berubah fungsi sehingga kekebalan tubuh berkurang sehingga muncul kanker/ tumor.

11. Radikal Bebas dapat diikat oleh Anti Oksidan yang disumbangkan oleh Buah dan Sayur yang kita konsumsi.

12. Buah dan Sayur juga banyak yang mengandung bahan pestisida dan pupuk kimia. Tapi manfaat memakannya lebihbesar dibanding efek dari pestisida. Cuci dan buang kulitnya secara benar. Atau jika ada belilah makanan Organik.

13. Susu sapi baik, tapi mulailah konsumsi susu kedelai yang lebih kaya nutrisi.

Hidangan Ringan
14. Perbanyak minum AIR PUTIH. Kopi dan Teh Hijau (tubruk-bukan celup) dalam jumlah terbatas juga memberi manfaat.

15. Jangan merasa sehat ya…, jangan merasa belum ada keluhan ya… karena sebenarnya kita ini sedang menuju pada kondisi sakit…. Kalau tidak mulai dengan pola makan sehat. Mulailah pola makan sehat dari sekarang atau bertahap jika tidak memungkinkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s